Perkembangan Game Online

Posted on Selasa, 30 Oktober 2012 |

  Pengertian Game Online 
Game online adalah Game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain melalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.

Sejarah Game Online :

Game Online pertama kali dimulai sejak tahun 1969, ketika itu permainan game online hanya dibuat untuk dua orang user yang terus dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan dan edukasi saja. Kemudian pada awal tahun 1970, diciptakan sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).
Game Online benar-benar mengalami perkembangan pesat setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat kebebasan akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan keuangan menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.

Sejarah Game Online di Indonesia :
Awal mulanya, pilihan game Online yang ada di Indonesia ini termasuk sedikit. Bisa dimaklumi, karena pada saat itu (sekitar tahun 2002), internet memang masih menjadi suatu opsi yang langka dan mahal harganya (untuk menggunakan Telkomnet Instan saja, perlu merogoh kocek hingga berkisar Rp 9.000,- per jam). Sehingga untuk memainkan game Online, mayoritas memilih pergi ke warnet untuk menekan pengeluaran.
Pada saat itu, game yang pertama kali ngetren adalah Nexia Online dan Laghaim Online. Bisa dikatakan Game saat itu tergolong berhasil, karena Laghaim bisa bertahan lama, yaitu sekitar tiga tahun. Pada Agustus 2003, game Online di Indonesia mulai semarak, dengan hadirnya PT Lyto yang mengusung game Online 2D terbaik hingga saat ini, Ragnarok Online. Ya, Ragnarok Online bisa dikatakan menjadi game Online pertama yang mampu mengusung beribu-ribu pemain tiap harinya. Keramaiannya membuat fenomena yang ajaib, hingga seringkali dibahas dalam dalam salah satu acara televisi di Indonesia.
Saat itulah para penggila game mulai bermunculan, warnet pun mulai berkembang dan internet menuju ke fase yang lebih murah. Tak kalah Boleh Game memunculkan juga GunBound. Game berbasis casual ini ternyata juga laris manis. Salah satu pesaing Ragnarok tersebut hingga kini juga masih digemari oleh banyak pemain. Kemudian berlanjut lahir publisher baru seperti PlayOn hingga Megaxus dengan Ayodance-nya.
Para publisher tetap berkembang dengan memunculkan game-game baru. Sukses para publisher pionir tersebut terus menarik minat perusahaan lain yang ingin juga menjadi publisher game Online di Indonesia. Apalagi saat ini didukung dengan tiket akses internet yang jauh lebih murah.






















0 komentar:

Posting Komentar