KOMPARASI SOFTWARE 3D ANIMATION

Posted on Selasa, 30 Desember 2014 |
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang komparasi software 3D animasi dengan menggunakan 2 aplikasi yaitu blender dan sketchup, berikut adalah penjelasan singkat mengenai ke kedua software dan contohnya.

1. Blender
Blender adalah salah satu aplikasi grafik 3D dari open source paling terkemuka di dunia. Tapi jangan salah, meskipun free kualitas Blender tidak kalah saing loh. Ia adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D, mulai dari modeling, texturing, lighting, animation dan video post-processing. Sayangnya, software animasi ini sedikit sulit untuk digunakan.

komparasi:
  • kemampuan 3D animasi yang bagus
  • memiliki pengaturan animasi
  • mudah digunakan
  • menggunakan open GL sehingga membuat animasi lebih bagus
  • mempunyai pengaturan texture dan material yang baik
  • tidak memakan resource yang terlalu besar
  • tool yang banyak dan mudah digunakan
  • open source dan berjalan di semua platfom
  • tidak berbayar
Berikut contoh animasi yang menggunakan software Blender :




2. Sketchup
Skecthup (SU) adalah salah satu program yang dikeluarkan oleh Google untuk membantu kita dalam merealisasikan rancangan dalam bentuk 3dimensi (3D). Dengan segudang Kelebihannya Skecthup ini banyak diminati oleh para 3d’ers pemula yang didominasi oleh para mahasiswa arsitektur dibelahan Dunia. Selain itu Google Sketchup sangat memanjakan para usernya loh yaitu dengan kemudahan untuk mendapatkan 3d model sepuasnya. Berikut tampilan Google SU saat dijalankan di komputer anda.
KELEBIHAN

  1. Interface yang menarik dan simpel
  2. Mudah digunakan oleh golongan pemula sekalipun
  3. Banyak open source plugin yang mendukung dan melengkapi kinerja google sketchup
  4. Terdapat fitur import file ke ekstensi 3ds (untuk 3ds max), dwg (untuk autocad), kmz (untuk google earth), pdf, jpg, bmp, dxf, dan lain-lain.

KEKURANGAN

  1. Karena kesederhanaan sketchup menjadikan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun
  2. Terjadi crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (kasus ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari blender ke google sketchup )
  3. Hasil gambar kurang memuaskan.
  4. Tersedia dua versi SketchUp, yaitu : Google SketchUp (gratis) dan Google SketchUp Pro (harga sekitar USD 459.00).



 terlihat hasil komparasi software blender to sketchup pada objek tersebut mengalami ketidak kesempurnaan, karena dalam beberapa pengenditan yang belum bisa sempurna dalam import ini seperti mirror dari blender, inilah kekurangan collada(.dae) yang ada pada sketchup.


sumber :
http://1a1b1c1.wordpress.com/2012/04/13/tutorial-export-blender-2-61-ke-google-sketchup8-dan-openspace3d-episode-1-dengan-dae/ 

https://oerangseda.wordpress.com/2011/07/14/pengantar-tutorial-sketchup/  

0 komentar:

Posting Komentar