Permainan Snake
ABSTRAKSI
Permainan
snake berawal dari sebuah permainan sederhana yang dimainkan pada uler tangga
dengan menggunakan dadu untuk memulai permainan tersebut, setelah perkembangan
zaman permainan ini dapat dimainkan pada smartphone. Namun dewasa ini permainan
snake berkembang menjadi permainan yang menggunakan desktop sebagai media utama
permainan. Game snake ini telah menggunakan kecerdasan buatan (Artificial
Intelligence) dimana sebuah teknologi yang mensimulasikan kecedasan manusia yaitu
bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan persoalan menggunakan
komputer dengan meniru bagaimana manusia menyelesaikan dengan cepat.
Game
snake adalah permainan yang tidak sulit dan tidak harus memerlukan pemikiran
yang keras, hanya memerlukan sedikit ketelitian dalam memainkan game ini. Pada
game ini hanya menggerakkan snake (ular) untuk dapat memakan makanan agar
mendapatkan score, jika score sudah mencukupi maka akan berlanjut ke level
selanjutnya. Game ini juga menggunakan Artificial Intelegent (AI), yaitu
kemampuan logika pemain untuk melawan computer. Pada game ini penulis
menggunakan bahasa pemrograman Virtual Basic (VB).
PENDAHULUAN
Visual
Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan
perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip
seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition
(VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang
berbeda.Microsoft Visual
Basic, yaitu aplikasi yang dijalankan dengan menggunakan system operasi windows
yang juga merupakan hasil karya dari perusahaan Microsoft corporatiaon.
Salah satunya pengembangan dari
aplikasi ini sebuah permainan snake dimana awal dari permainan ini hanya sebuah
permainan sederhana yang dimainkan pada uler tangga dengan menggunakan dadu
untuk mulai permaian, setelah berkembang
permainan ini dapat dimainkan pada smartphone.Namun dewasa ini permainan snake
berkembang menjadi permainan yang menggunakan desktop sebagai media utama
permainan.Dengan perkembangan teknologi dan zaman
saat ini telah banyak berbagai jenis games yang diciptakan. Games Snake ini
menggunakankecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah Teknologi yang mensimulasikan
kecerdasan manusia, yaitu bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan
persoalan menggunakan komputer dengan meniru bagaimana manusia menyelesaikan
dengan cepat.
Walaupun
game ditujukan untuk berbagai alasan seperti refreshing maupun bersenang –
senang, game juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan pola
belajar dan prestasi anak dan pola berfikir seseorang dalam menghadapi sebuah
persoalan. Maka dari itu penulis membuat suatu game yang memberikan suatu
hiburan dan pembelajaran tentang pola berfikir seseorang dalam menyelesaikan
persoalan yang ada.
Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat
melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam
bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan
dan robotika.
Game
ini juga menggunakan Artificial Intelegent (AI), yaitu kemampuan logika pemain
untuk melawan komputer. Pada game ini penulis menggunakan bahasa pemrograman
Virtual Basic (VB).
PEMBAHASAN
Algoritma Minimax
Penerapan
algoritma Minimax dalam Snake dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk
mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai
yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan
selalu mencoba memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk
meminimalkannya.Ketika prosedur minimax mencapai akar pada pohon pencarian
(posisi saat tersebut), akan menghasilkan langkah terbaik dengan asumsi lawan
akan menggunakan kriteria evaluasi yang sama. Beberapa versi program yang
dibuat kebanyakan telah menerapkan algoritma pemotongan alpha-beta.Terdapat dua
macam metode, yang disebut rote learning. Metode tersebut memiliki penyimpan
untuk setiap posisi yang ditemui selama permainan dengan tidak menghilangkan
nilai yang ditentukan oleh prosedur Minimax. Hasilnya adalah jika terdapat
posisi yang pernah ditenukan sebelumnya, akan dimunculkan sebagai posisi
terminal pada pohon pencarian. Sehingga, pencarian akan semakin mudah karena
nilai posisi diambil dari hasil pencarian yang telah dilakukan sebelumnya. Satu
masalah awal yang ditemukan adalah program tidak mendukung untuk melangkah
langsung menuju kemenangan.
Batasan Masalah
Permainan
atau game merupakan saranan hiburan yang menyenangkan oleh karena itu banyak di
gemari oleh semua umur. Permainan atau game juga dapat di gunakan saat sedang
jenuh atau di saat waktu senggang. Game Snake yang penulis kembangkan ini
merupakan game yang sederhana dan tidak memerlukan pemikira yang keras, hanya
butuh sedikit ketelitian dalam memainkannya sehingga game ini dapat di mainkan
oleh semua umur.
Strategi permainan
Berikut
adalah penjelasan tentang bagaimana cara permaian snake ini dimainkan :
Pada
permaian snake (ular) ini permainan akan berakhir jika ular menambrak batas
lingkaran dan rintangan dari permainan ini ditambah dengan menambah dua jenis makanan dimana satu makanan ini
adalah untuk mencari poin (score) dan yang satu lagi adalah makanan untuk
berhentinya dari permainan ini
1. Level
1 adalah level yang paling mudah karena tidak ada rintangan seperti tembok atau
racun.
2. Level
2 adalah level yang mulai sedikit rumit, karena sudah ada tembok dan sudah ada
fitur misteri.
3. Level
3 adalah level satu tingkat lebih rumit dari level 2 karena sudah di temukan
racun dan makanan untuk snake pun di kurangi.
4. Level
4 adalah level satu tingkat lebih rumit dari level 3 karena bentuk tembok
penghalang berada di tengah.
5. Level
5 adalah level yang paling sulit, karena tembok pengalang berbentuk huruf X,
dan makanan untuk snake berkurang dan racun serta misteri pun bertambah banyak.
6. Snake
akan mati jika menabrak tembok atau memakan racun.
7. Misteri
adalah sebuah fitur seperti titik berwarna warni, jika snake memakan misteri
maka akan snake akan mengalami beberapa kemungkinan yaitu : a. Ular Cepat,
kecepatan ular akan bertamba, b. Ular Lambat, kecepatan ular akan berkurang, c.
Ular Tembus, ular dapat menembus badan ular atau tembok, d. Ular Bingung,
kendali arah ular berubah kebalikannya, e. Ular Putar Balik, posisi ular akan
diputarbalikkan, f. Pakan Super 5x, setara dengan pakan sebanyak 5.
KONSEP AI
Game ini berbasis Artificial
intelligience (kecerdasan buatan). Kecerdasan buatan pada game ini ada pada
komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan memainkan permainan
layaknya seorang manusia. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan
cara menutup langkah pemain agar tidak gagal membentuk suatu garis. Komputer
dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Komputer selalu
berusaha menutup peluang seorang pemain untuk memenangkan permainan.
Untuk menyelesaikan permasalahan
pencarian, penggunaan Pohon Keputusan merupakan langkah pertama yang bisa
dilakukan, memperluas pohon permainan seluas mungkin, dan menganalisa tiap
kemungkinan langkah dan hasilnya. Tiap percabangan juga dapat dianalisa
menggunakan Algoritma Minimax yang akan membentuk sebuah fungsi untuk mengevaluasi
tiap kemungkinan solusi dan memberikan nilai untuk langkah yang berpeluang
memenangkan permainan. Kemungkinan terbesar untuk memenangkan permainan
merupakan hasil dari penentuan langkah, dan langkah tersebut ditentukan oleh
hasil evaluasi fungsinya.
Sebagai alternatif penyelesaian
yang lain, beberapa aturan pencarian heuristic dapat digunakan untuk mengurangi
beberapa cabang pohon dari pohon keputusan yang didapat sehingga terlihat lebih
pendek. Contohnya menggunakan Depth
First Search.
Teknik
Pembuatan
Menambahkan backsound
Pada modUmum
tambahkan case 4 dengan memasukkan lagu
Kemudian untuk
memanggil sound tersebut pada saat permainan di mulai, tambahkan PlaySound 4
pada formMain
Menambahkan Menu racun
Tambahkan script di
bawah ini untuk menambahkan menu racun
Pada case 2 atau
level 1 tambahkan jumlah racun yang di inginkan
Untuk memanggil racun
tersebut tambahkan script berikut pada formMain di SubTabrakKalah ()
For i = 0 To
shpRacun.Count - 1
If (shpUlar(0).Top = shpRacun(i).Top)
And (shpUlar(0).Left = shpRacun(i).Left) Then
PlaySound 2
s = "Anda terkena racun
!"
GoTo Enn
End If
Implementasi
Program
Berikut ini contoh
permaian snake pertama kita tentukan level nya terlebih dahulu sesuai yang kita
inginkan. Disini user memulai pada level 1
Jika
permainan berhasil dengan tidak menambrak tembok dan score mencapai 150 maka pemain dapat
dilanjutkan kelevel berikutnya klik OK.
Jika
kita berhasil memainkannya dengan memenuhi score dan tidak menambrak tembok dan
memakan racun maka permaian dapat dilanjutkan pada level selanjutnya yaitu
level 2
Untuk
dapat melanjutkan ke level 3 maka permainanpun akan banyak rintangnya jika
berhasil menyelesaikan permaianan ini dengan memenuhi score yang sudah
ditentukan dan tidak boleh memakan makanan yang salah maka permainan akan dapat
melanjutkan ketahap berikutnya yaitu level 4
Dan
pada level 4 lebih rumit karena tembok penghalangnya berada ditengah dan jika
permainan berhasil selesai maka dapat melanjutkan ke level berikutnya yaitu
levcl 5
Pada
level 5 ini level yang paling sulit, karena tembok pengalang berbentuk huruf X,
dan makanan untuk snake berkurang dan racun serta misteri pun bertambah banyak
jika permainan ini dapat selesai maka anda telah berhasil dalam memecahkan
persoalan dari sebuah permaianan ini.
Dan
gambar dibawah ini adalah peringatan jika snake memakan makanan yang salah
(racun) dan permainan telah berakhir. Dan anda dapat mencobanya kembali dilevel
yang sama dan tidak dapat melanjutkan permainan ketahap berikutnya.
PENUTUP
Demikianlah
makalah pengembangan game yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah
pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam
penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami
hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat
mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Daftar
pustaka
http://soalparna.blogspot.com/2013/05/membuat-game-dengan-visual-basic.html
http://soalparna.blogspot.com/2013/05/membuat-game-dengan-visual-basic.html
2 komentar:
mba mau tanya doong.... apakah dalam game jika tidak ada artificial intelligence harus memakai algoritma atau tidak ?
saya membuat game dengan kondisi dengan contoh : target 8, waktu 20 detik, jadi kalau belum mencapai target dan waktu telah habis akan game over, dan kalau target sudah terpenuhi dan waktu masih tersisa maka akan menang...
kira kira game saya itu apakah harus pakai algoritma mba ?
menurut saya, pakai saja.. karena algoritma itu dasar dari logika permainan yg kamu buat :)
Posting Komentar