Bab 4 Shadow Modelling

Posted on Selasa, 31 Desember 2013 |
Pada bab IV

Contoh pemanfaatan konsep shadow modeling

Kasus pemanfaatan shadow modeling menggunakan software Blender v2.67a. Pada kasus ini kami menggunakan tiga komponen, yaitu object kubus, camera dan lamp. Setiap komponen dapat dirubah sesuai keinginan user. Seperti, merubah posisi komponen lamp untuk menghasilkan sudut tampilan bayangan yang berbda. Merubah posisi camera untuk menampilkan hasil dari object setelah dirender dan posisi object kubus. User tidak hanya dapat mengubah posisi tetapi juga dapat mengubah ukuran, rotasi dan lain-lain. Pada kasus ini kami hanya menggunakan object sederhada yaitu object kubus yang telah tampil secara default ketika software blender dijalankan.

Bayangan mengubah warna wajah dalam model 3D didasarkan pada sudut permukaan ke sumber cahaya (lamp) lainnya. Gambar. 1 merupakan tampilan awal ketika software blender dijalankan. Gambar. 2 hasil render object kubus. Ketika posisi sumber cahaya (lamp) terhadap object kubus dirubah maka akan menghasilkan bayangan yang berbeda pula.

Gambar 1.
Gambar 2.

Jenis lamp :

• ambient, lampu semua objek dalam sebuah adegan yang sama, cerah tanpa menambahkan shading.

• directional, menerangi semua benda yang sama dari yang diberikan arah, seperti cahaya luas ukuran yang tak terbatas dan jarak yang tak terbatas dari tempat kejadian, ada naungan, tetapi tidak dapat berupa jarak falloff.

• point, berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar ke segala arah.

• spotlight, berasal dari satu titik, dan menyebar kearah luar.

• luas, berasal dari satu pesawat dan menerangi semua objek dalam arah tertentu mulai dari pesawat itu.

• volume  sebuah pencahayaan objek ruang tertutup dalam ruang. Gambar. 2

Jenis lamp :

• ambient, lampu semua objek dalam sebuah adegan yang sama, cerah tanpa menambahkan shading.

• directional, menerangi semua benda yang sama dari yang diberikan arah, seperti cahaya luas ukuran yang tak terbatas dan jarak yang tak terbatas dari tempat kejadian, ada naungan, tetapi tidak dapat berupa jarak falloff.

• point, berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar ke segala arah.

• spotlight, berasal dari satu titik, dan menyebar kearah luar.

• luas, berasal dari satu pesawat dan menerangi semua objek dalam arah tertentu mulai dari pesawat itu.

• volume  sebuah pencahayaan objek ruang tertutup dalam ruang.
Gambar 3.

Tampilan Gambar 3. akan tampil jika pada menu view 3D pada viewport shading dipilih tampilan Texture. User bisa melihat secara langsung tampilan bayangan tanpa harus merender object. Jadi, tampilan dari suatu bayangan dipengaruhi oleh sumber cahaya dan posisi sumber cahaya terhadap suatu object.


0 komentar:

Posting Komentar